Situs Layanan Pemendek Link

Posted by Unknown Wednesday, September 5, 2012 4 comments
Merebaknya bisnis online beberapa tahun terakhir menjadikan media sosial digandrungi banyak orang. Fungsi media sosial kini tidak hanya sebatas jaringan pertemanan dan hiburan, melainkan sebagai alat promosi bisnis. Promosi melalui media sosial ini dinilai cukup berhasil dalam meningkatkan konsumen bagi si pemilik bisnis. Orang pun berlomba-lomba mengoptimalkan media sosial untuk memenangkan persaingan dalam berbisnis.

Lazimnya seorang pemilik bisnis membuat sebuah website/blog dan/atau halaman pada media sosial tentang bisnisnya. Langkah selanjutnya adalah mempromosikan situs tersebut dengan berbagai cara kepada khalayak banyak. Selain dengan menerapkan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) agar lebih mudah ditemukan pada mesin pencari, cara lain adalah dengan menaruh link situsnya pada berbagai media sosial (Google+, Twitter, Facebook, dll). Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung (traffic) dengan harapan banyak orang yang tertarik terhadap produk yang ditawarkan oleh si pemilik bisnis.

situs layanan pemendek link
Namun, tidak semudah itu mempromosikan website/blog dengan menaruh link demi meningkatkan pengunjung. Tidak menjamin setelah Anda menaruh link akan banyak yang meng-klik link tersebut, terutama berhubungan dengan menarik atau tidaknya konten yang Anda tawarkan. Begitu banyak link yang disebar di media sosial sehingga kecil kemungkinan situs Anda dapat dikunjungi. Anda diharuskan membuat deskripsi dan link yang menarik untuk mendapatkan perhatian orang. Masalah yang sering timbul adalah link yang ditaruh terlalu panjang sehingga tidak efisien dan sangat lazim digunakan banyak orang. Apalagi jika ditaruh pada media sosial yang memiliki batasan karakter seperti Twitter (140 karakter).

A : Lalu bagaimana agar link yang kita buat terlihat menarik, tidak terlalu panjang, lebih efisien dan memiliki karakter yang mencerminkan situs Anda?

Q : Solusinya adalah dengan menggunakan situs layanan pemendek link (URL Shortener).

Berikut merupakan beberapa situs yang meyediakan layanan pemendek link (URL Shortener).

Situs layanan pemendek link dari Indonesia :
situs layanan pemendek link

Uniknya lagi sebagian besar URL Shortener ini dapat merubah atau mengedit link yang sudah dipendekkan sesuai dengan keinginan kita. Contohnya link halaman ini adalah http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/09/layanan-pemendek-link.html, saya pendekkan menggunakan salahsatu situs pemendek link di atas yaitu bit.ly menjadi http://bit.ly/O6hTdD, kemudian 'O6hTdD' bisa kita edit sesuai dengan keinginan kita misalnya 5h0r7L1nk, sehingga link halaman ini menjadi http://bit.ly/5h0r7L1nk .

Bahkan beberapa situs pemendek link seperti adf.ly memberlakukan sistem Pay Per Click (PPC) jika link yang telah dipendekkan di klik oleh pengunjung seperti halnya iklan pada Google Adsense. Sehingga pemilik situs mendapatkan fee dari link yang dia taruh. Selain itu, beberapa situs ini juga berfungsi sebagai website analytics yang dapat memonitor website kita seperti jumlah pengunjung, sumber traffic dan query penelusuran. Contohnya adalah clicky.me yang hampir sama dengan Google Analytics. Metode URL Shortener ini tidak hanya dapat Anda gunakan untuk mempromosikan website bisnis online, tetapi juga ketika Anda menyelenggarakan sebuah acara, undangan seminar atau mengeksiskan blog pribadi. Selamat mencoba!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Situs Layanan Pemendek Link
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rickysnapshot.blogspot.com/2012/09/layanan-pemendek-link.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 comments:

Freelancer said...

Terimakasih sudah berbagi info yang bermanfaaat ini dan selamat ya blog Ricky Snapsot sudah terdaftar dalam listing Direktori Blog Indonesia. Keep up date and happy blogging ya..

Unknown said...

Terimakasih, senang dapat bergabung dengan Direktori Blog Indonesia

Unknown said...

Wah lumayan lengkap nih list short link nya ya! Kira-kira paling banyak yang dipakai orang yang mana ya? Sobat sudah mencoba semua? Takut ada yang jebakan betmen nih. Terimakasih.

Unknown said...

Saya sih lebih banyak pake bit.ly sama ow.ly. sudah saya coba semua gak ada yang jebakan kok :)

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.