Badminton Tunggal Ika

Posted by Unknown Sunday, May 12, 2013 1 comments
Djarum Indonesia Open

Minggu lalu saya bertanya kepada beberapa teman sesama HootSuite Campus Ambassador mengenai “Apa yang kamu ketahui tentang Indonesia?”. Berikut jawaban mereka (dalam bahasa Indonesia).

“Saya tahu beberapa hal tentang Komodo dan Bali.”
(
Dean Tsatouhas, Canada)
“Indonesia adalah negara tropis seperti halnya negara kami” (Alexandre Souza, Brazil)
“Indonesia cukup bagus dalam All England”
(Mark Corbert Wilson, USA)

Jika jawaban pertama terlalu mainstream, saya sangat terkejut dengan jawaban yang terakhir. Ternyata sebagian dari mereka tahu tentang prestasi Indonesia dalam badminton. Tak usah diragukan lagi, badminton adalah salah satu olahraga yang prestasinya membuat nama Indonesia semakin dikenal. Berbagai prestasi tingkat Internasional pernah kita torehkan seperti Olimpiade, All England dan Djarum Indonesia Open. Prestasi-prestasi tersebut pastinya akan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Djarum Indonesia Open


“Badminton Tunggal Ika” adalah frasa yang tepat untuk menggambarkan atmosfer ketika Djarum Indonesia Open berlangsung tiap tahunnya. Masyarakat dari berbagai suku, umur, agama dan profesi bersatu memberikan dukungan kepada para pemain Garuda. Batas-batas wilayah sesaat menjadi kabur, timur dan barat susah untuk dibedakan, semua berbaur atas nama Indonesia. Layar kaca pun menjadi media transmisi harapan dan doa sebagian besar masyarakat. Antusiasme masyarakat memang sangat besar, mengingat badminton merupakan salahsatu kebanggan bangsa Indonesia di bidang olahraga.

Supporter di Istora Senayan

Djarum Indonesia Open (DIO) merupakan salah satu kompetisi badminton paling bergengsi di dunia. Ajang ini telah diselenggarakan sejak tahun 1982. Atlet-atlet terbaik dunia bersaing menjadi yang terbaik dan memperebutkan hadiah yang sangat besar. Sejak tahun 2007, status Djarum Indonesia Open meningkat menjadi Superseries Premier sehingga menjadikannya sejajar dengan All England dan Korea Open. Selain itu, atlet-atlet yang berlaga di DIO akan mendapatkan poin yang besar untuk meningkatkan peringkat dunia BWF.

Selama DIO diselenggarakan, Indonesia menjadi pengoleksi medali terbanyak mengungguli China dan Korea. Indonesia tercatat pernah menyapu bersih semua gelar selama 4 tahun (1983, 1996, 1997, dan 2001). Ironisnya, Indonesia juga mengalami puasa gelar selama 4 tahun (2007, 2009, 2010, 2011). Dalam kurun waktu 6 tahun terakhir (2007 – 2012), Indonesia hanya dapat mempersembahkan tiga medali emas. Statistik ini menunjukkan penurunan prestasi Indonesia yang signifikan di ajang Djarum Indonesia Open.

Djarum Indonesia Open 2013 akan diselenggarakan bulan depan (10 - 16 Juni 2013). Harapan akan kembalinya kejayaan Indonesia membumbung tinggi pada segenap bangsa. Kesempatan untuk mencapai puncak terbuka sangat lebar, terlebih Indonesia bermain di singgasana sendiri dengan dukungan penuh dari masyarakat. Kini saatnya kita mengambil alih kekuasaan yang sempat hilang. Mengembalikan kebanggaan yang hampir pudar beberapa tahun terakhir.

Regenerasi Atlet

Regenerasi atlet menjadi aspek yang sangat penting bagi prestasi badminton di Indonesia. Apresiasi tinggi layak diberikan kepada Djarum Foundation, institusi yang medukung kemajuan bangsa dalam bidang olahraga khususnya badminton. Selain dengan menjadi sponsor resmi penyelenggaraan Djarum Indonesia Open, Djarum juga memberikan beasiswa bulutangkis melalui PB Djarum. Berikut beberapa fasilitas yang diberikan PB Djarum atlet-atlet muda penerima beasiswa.
  • Akses mendapatkan fasilitas dan pelatih bertaraf internasional.
  • Penyediaan makanan dengan kualitas gizi yang sempurna.
  • Alat dan perlengkapan bulutangkis berkualitas seperti raket, badminton bag, sepatu, apparel dan shuttlecock.
  • Penyediaan fasilitas penunjang lain seperti alat-alat fitness dan exercise.

GOR Jati Kudus


Selain itu, untuk menambah jam terbang dan pengalaman atlet muda, banyak kompetisi-kompetisi regional dan nasional seperti Djarum SIRNAS (Sirkuit Nasional) dan Djarum Superliga (Asia). Diharapkan para atlet muda ini dapat menjadi suksesor senior-seniornya di ajang-ajang internasional termasuk Djarum Indonesia Open. Sehingga prestasi badminton Indonesia dapat menjadi kebanggaan bangsa.

Dukung badminton sebagai kebanggan bangsa!

Referensi:
Tulisan
Gambar
**Tahun 2012, tiket penonton Djarum Indonesia Open dapat Anda pesan di blibli.com. Follow @bliblidotcom untuk informasi terbaru seputar penjualan tiket Djarum Indonesia Open 2013.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Badminton Tunggal Ika
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://rickysnapshot.blogspot.com/2013/05/badminton-tunggal-ika.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Anonymous said...

Like deh,,,

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.