Jadilah Seorang Hacker!

Posted by Unknown Saturday, October 13, 2012 2 comments
Akhir-akhir ini saya sedang senang-senangnya membaca berbagai ebook tentang dunia teknologi dan komputer. Entah karena pembahasan saya di posting sebelumnya mengenai ebook atau buku cetak? atau karena stock buku cetak yang harus dibaca semakin menipis. Terlepas dari itu semua, berbagai buku yang saya baca semoga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan lebih serta dapat bermanfaat. Sore ini saya pun tertarik membaca sebuah ebook karangan Wicak Hidayat dan Yayan Sopyan berjudul “Di Balik Kisah-kisah Hacker Legendaris”.

Ternyata selama ini banyak persepsi keliru tentang seorang hacker yang diidentikkan sebagai seorang penjahat di dunia teknologi (komputer, internet dan telekomunikasi). Pada dasarnya pengelompokkan para hacker memiliki dua sisi mata pisau yang bersebrangan. Di satu sisi seseorang yang memiliki kemampuan teknis lalu digunakan untuk memajukan perkembangan teknologi disebut sebagai White-Hat Hacker. Sedangkan di pihak lain, seseorang dengan kemampuan teknisnya melanggar batas-batas norma dan etika dikenal dengan Black-Hat Hacker.

Namun White-Hat atau Black-Hat dalam pengelompokan seorang hacker bukan harga mati, orang yang senang melakukan kreasi dan eksperimen terutama dalam keamanan komputer lebih cocok disebut sebagai Gray-Hat hacker. Dalam komunitas biasanya White-Hat Hacker lah yang disebut sebagai hacker, sedangkan Black-Hat Hacker lebih dikenal dengan cracker. Sederhananya seorang hacker membuat sesuatu sedangkan seorang cracker menghancurkan sesuatu.

Sebuah pertanyaan pun muncul, hal apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi seorang hacker? Berikut merupakan ciri-ciri seorang hacker (bukan cracker) : 

  • Kemampuan Teknis
  • Kerja keras
  • Kreativitas
  • Tanggung Jawab
  • Memiliki rasa ingin tahu
  • Melampaui batasan-batasan yang ada
  • Mengedepankan etika dan mematuhi norma-norma yang berlaku
Saya sendiri mengartikan aktivitas hacking sebagai sebuah kegiatan dimana kita keluar dari kebiasaan-kebiasaan yang telah lumrah (mainstream) untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tidak saja dalam dunia komputer dan teknologi, tetapi juga dalam setiap aktivitas kehidupan. Apapun kegiatan dan profesi kita, lakukanlah aktivitas hacking pada pekerjaan yang kita geluti. Maka disanalah tercipta kreasi dan inovasi baru dengan cara yang baru pula. Oleh karena itu jadilah seorang hacker
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jadilah Seorang Hacker!
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/10/menjadi-seorang-hacker-cracker.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

Unknown said...

asli jgn samakan white hacker dgn black cracker...
hahahahaa

Unknown said...

Iya itulah sebabnya saya katakan terjadi salah persepsi selama ini, serem rasanya denger kata hacker, padahal maknanya bukan mengarah ke tindak kejahatan (cybercrime).

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.