Komputer Masa Depan

Posted by Unknown Wednesday, October 17, 2012 0 comments
Diskusi seringkali dijadikan salahsatu metode yang diterapkan dalam proses perkuliahan, termasuk hari ini pada mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Pembahasannya adalah tentang evolusi komputer dan representasi data. Secara bergantian mahasiswa yang menjadi penyaji materi membacakan pembahasan mulai dari sejarah perkembangan komputer, representasi fixed point, floating point hingga kode pendeteksi kesalahan.

Perkembangan komputer dari generasi ke generasi selalu memuculkan perubahan sehingga fungsi dan kemampuannya menjadi lebih baik. Sebagai contoh dari segi ukuran atau volumenya yang semakin kecil, kemampuan perhitungannya semakin besar dan kinerjanya lebih optimal. Sehingga komputer yang kita nikmati sekarang ini adalah sebuah hasil dari suatu perubahan secara bertahap, yang tentunya memiliki kemampuan mutakhir untuk memecahkan sebuah masalah.

Namun apakah komputer generasi terbaru ini masih bisa digunakan dengan baik 5-10 tahun ke depan? Apakah ketangguhannya masih bisa diandalkan dalam rentang waktu tersebut? Akankah ada komputer generasi selanjutnya sehingga komputer yang sekarang menjadi teknologi yang jadul? Kapankah regenerasi tersebut akan terjadi? Apa yang ada di benak Anda tentang komputer masa depan?

Berikut beberapa bayangan saya akan komputer masa depan.

  • Instruksi yang diberikan oleh user tidak lagi menggunakan sebuah perangkat (device) seperti mouse, keyboard, touchpad, touchscreen dll. Melainkan menggunakan kontrol pikiran (mind control). Ada sebuah sistem interkoneksi yang menghubungkan komputer dengan pikiran user. Sehingga dengan hanya memikirkan sebuah perintah, komputer lalu menjalankannya.
  • Jumlah transistor dalam prosesor akan semakin bertambah dan ukuran sebuah prosesor akan lebih kecil. Sehingga bukan lagi nanoprocessor melainkan milinanoprocessor atau bahkan atomprocessor.
  • Sumber daya utama bagi komputer bukan lagi listrik melainkan udara. Sehingga dimana pun kita berada (selain di ruang hampa udara) komputer bisa dijalankan.
  • Semua pengolahan data total dilakukan di awan atau cloud computing (sekarang hanya sebagian yang dilakukan dengan cloud computing dan masih didominasi oleh aplikasi-aplikasi offline).
Berkhayal? Tentu tidak. Teknologi yang ada sekarang juga merupakan hasil kontemplasi serta khayalan, dan hasilnya dapat kita rasakan sekarang. Mustahil? Orang-orang justru semakin tertantang untuk memecah kemustahilan. Mungkin suatu saat ketika bayangan yang saya tuliskan diatas terjadi, saya akan katakan “Mari kita berkhayal lagi!”.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Komputer Masa Depan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/10/komputer-masa-depan_9591.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.