Konsumen adalah Raja, Manjakanlah !

Posted by Unknown Sunday, May 27, 2012 0 comments
Sabtu sore ini bersama seorang teman saya berangkat meninggalkan Bandung untuk pergi ke Sumedang mengunjungi teman-teman kami sewaktu SMA yang melanjutkan kuliah di salahsatu perguruan tinggi di kota budaya tersebut. Sesampainya disana kami memasuki sebuah food court di sebuah supermarket, susasana ramai terlihat di tempat tersebut, kami pun memesan menu yang tersedia serta duduk di sebuah meja yang belum sempat dibersihkan. Saya memanggil seorang pelayan yang kebetulan lewat dihadapan kami meminta membersihkan meja. Alih-alih membersihkannya secara keseluruhan, pelayan tersebut hanya mengambil sebuah asbak yang penuh dengan puntung rokok diatas meja kami, tumpahan minuman bekas pelanggan lain masih berserakan. Setelah menunggu sekian lama menu yang dipesan pun tak kunjung datang, jauh melebihi waktu normal seperti biasanya memesan makanan di tempat lain. Sebagai konsumen saya tentu kecewa dengan hal ini.
Keesokan harinya di sebuah cafe hal semalam terjadi, kali ini sang pelayan terlihat kurang bersahabat dengan konsumen, tidak ada sedikit pun "senyuman" atau tutur kata lembut sebagai seorang pelayan. Nada lantang dilayangkan sang waitress saat melayani kami seakan saat interogasi seorang tersangka kasus kriminalitas. Untuk kedua kalinya dalam perjalanan ini saya dikecewakan oleh pelayanan sebuah resto.

Peristiwa tersebut harus dijadikan pelajaran bagi para startup bisnis yang sedang berusaha mengembangkan bisnisnya ataupun yang baru berniat ingin memulai sebuah bisnis, bahwa pelayanan konsumen adalah salahsatu faktor penting yang harus diperhatikan. Buatlah konsumen merasa puas dengan apa yang kita tawarkan, buatlah mereka ingin kembali ke tempat Anda, dan buatlah mereka mengajak teman-temannya mengunjungi tempat Anda. Dengan begitu, bisnis Anda telah melakukan salahsatu langkah untuk mengembangkan jaringan usaha. Berikan kepada konsumen apa yang mereka inginkan atau mereka keluar dari tempat Anda. Ingat !!! Konsumen adalah raja, manjakanlah.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Konsumen adalah Raja, Manjakanlah !
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/05/konsumen-adalah-raja-manjakanlah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.