Mencetak "Pahlawan" Berkualitas

Posted by Unknown Sunday, November 4, 2012 1 comments

Perguruan Tinggi sebagai pencetak pendidik yang berkualitas

Setiap harapan kini hanya menjadi ratapan, tetapi perihal pendidikan di Indonesia tidak jelas apa yang sesungguhnya sedang diratapi. Tentang pendidikan bertarif Internasional? Tentang mutu pendidikan yang semakin tenggelam? Tentang fasilitas yang memprihatinkan? Jika dilontarkan dengan nada pesimis maka jawabannya adalah semua.

Pendidikan merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap orang. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan pendidikan semakin bertambah. Setiap individu senantiasa diwajibkan untuk selalu mengasah pengetahuan yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Secara garis besar, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas.

Sudah lebih dari 67 tahun Indonesia merdeka, namun jika melihat potret pendidikan sekarang sepertinya Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Ketertinggalan dalam mutu pendidikan adalah salah satu permasalahan yang terjadi di Indonesia. Infrastruktur bangunan sekolah yang tidak memadai, sarana belajar yang minim, mahalnya biaya pendidikan serta permasalahan tenaga pendidik menjadi masalah utama pendidikan di indonesia saat ini.

Permasalahan lain yang terjadi yaitu proses pembelajaran yang masih menggunakan proses pembelajaran konvensional seperti berorientasi pada guru (teacher center), kegiatan pembelajaran terjadi pada tempat dan waktu tertentu serta siswa sebagai objek pembelajaran sehingga siswa seperti benda mati yang dapat dibentuk menjadi apa saja oleh gurunya. Tentunya bukan suatu hal yang mudah mengubah paradigma ini dalam waktu yang singkat, dibutuhkan solusi permasalahan dalam jangka waktu yang relatif lama. Namun bukan waktunya kita menunggu hal tersebut terjadi begitu saja, perlu ada tindakan untuk menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan yang berkualitas.

Pendidik merupakan salahsatu aktor penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Dalam konteks ini, pendidik erat kaitannya dengan seorang guru. Pendidik atau guru mentransfer ilmu yang dia miliki kepada seluruh anak didiknya dalam sebuah proses kegiatan belajar mengajar. Materi yang diajarkan mengacu pada sebuah kurikulum sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Oleh sebab itu, Indonesia membutuhkan guru-guru yang berkualitas serta memenuhi semua persyaratan sebagai seorang pendidik, agar apa yang diajarkan merupakan sesuatu yang berkualitas pula sehingga tujuan pendidikan akan tercapai. Kemudian bagaimana kualitas tenaga pendidik dapat dicapai?

Salahsatu yang dapat melahirkan tenaga pendidik yang layak, berkualitas dan memenuhi kualifikasi adalah perguruan tinggi, tentunya perguruan tinggi yang berkualitas pula. Perguruan tinggi berkualitas disini diluar konteks perguruan tinggi yang menyedot dana yang besar dari sang calon mahasiswa atau memiliki pamor yang cukup terkenal melainkan kualitas pendidikan didalamnya. Walaupun memang tersedianya berbagai fasilitas karena adanya dana yang memadai merupakan salahsatu faktor pendukung kualitas pendidikan.

Perguruan tinggi berkualitas yang mencetak para tenaga pendidik diharapkan mampu memberikan kontribusi besar bagi perubahan pendidikan di Indonesia. Tentunya harapan akhir agar Indonesia mengalami kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan demi terwujudnya cita-cita bangsa. Kesejahteraan rakyat, persatuan dan kesatuan bangsa, peningkatan kualitas hidup masyarakat adalah beberapa dari sekian banyak hal yang selama ini menjadi harapan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, inilah saatnya perguruan tinggi membuktikan kerja dan kinerja bagi bangsa Indonesia.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mencetak "Pahlawan" Berkualitas
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/11/mencetak-pahlawan-berkualitas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Try Out Online said...

kerenn gan ceritanya

ayo gan buruan ikutin kompotisi cerdas cermat online sejawatimur seri2 gann adiahnya cukup banyak dan pendaftaranya geratis gan

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.