Teknik Menjemput Bola

Posted by Unknown Friday, August 3, 2012 2 comments
Musim mudik telah tiba. Hampir semua muslim yang bekerja , bersekolah serta melakukan berbagai kegiatan lainnya di berbagai kota besar kini satu persatu mulai pulang kampung menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Aktivitas mudik setiap tahunnya selalu menyisakan kejadian-kejadian yang menarik. Padatnya traffic yang menyebabkan jalanan macet turut mengikuti perjalanan para pemudik.

Tak terkecuali dengan saya, sore kemarin saya hendak pulang ke Garut setelah sekian lama berada di Bandung untuk menuntut ilmu. Sore itu jalanan cukup lenggang mengingat hari ini masih H – 18, sehingga perjalanan aman dan lancar selamat sampai tujuan. Namun sepanjang perjalanan, kerap kali datang para pedagang asongan yang berjualan makanan untuk berbuka puasa / takjil. Tak kurang dari 5 pedagang silih berganti memasuki mobil angkutan umum yang saya tumpangi.


Berbagai aneka makanan ditawarkan seperti kue moci, kacang hijau, sirup dan teh manis, kacang goreng, tahu sumedang serta berbagai makanan ringan lainnya. Hal ini wajar karena angkutan umum seringkali tidak berhenti sejenak pada saat waktu magrib tiba, sehingga tidak ada waktu untuk penumpang membeli takjil untuk berbuka puasa. Selain itu, kebanyakan penumpang  tidak mau repot-repot turun dan memilih makanan yang praktis.

Inilah sebuah kesempatan yang dimanfaatkan oleh para pedagang. Mereka menggunakan teknik menjemput bola dengan mengantarkan produk yang mereka jual langsung kepada para konsumen. Cara ini dinilai cukup berhasil karena beberapa alasan yang saya kemukakan di atas. Diilhami dari kejadian di atas, hal ini pula lah yang harus kita terapkan pada startup bisnis yang kita jalankan, menjemput bola bukan menunggu bola. Semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Teknik Menjemput Bola
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/08/teknik-menjemput-bola.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 comments:

a.i.r said...

tapi kalo tidak tertib ya orang jadi enggan untuk berbelanja.. :)

Ricky Lutfi Hamzah said...

Iya pastinya pak, masalah kenyamanan konsumen it's number one :-D

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.