Kemarau Panjang di Indonesia

Posted by Unknown Tuesday, September 11, 2012 0 comments
Air merupakan sumber hidup, kehidupan dan penghidupan bagi umat manusia. Semua aspek kehidupan begitu dipengaruhi oleh keberadaan air. Ketersediaan air sangat diperlukan dalam berbagai kebutuhan seperti mandi-cuci-kakus (MCK), mengairi sawah, bersuci dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Bisa kita bayangkan jika kebutuhan akan air tidak memadai maka segala  aktivitas penting di atas akan tersendat, yang tentunya berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat.

Salahsatu yang menyebabkan pasokan air berkurang adalah kemarau panjang. Situasi inilah yang sedang dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini. Kabar tentang kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan tersebut terdengar dari berbagai daerah di pelosok negeri. Saudara-saudara  kita di Jawa Timur contohnya yang tengah dilanda “bencana” ini.

kemarau panjang di indonesia

Ribuan hektar lahan pesawahan kering karena tidak mendapat pengairan yang cukup serta irigasi pun berubah menjadi miniatur gurun pasir. Warga terpaksa membuat kubangan dan beramai-ramai mendalamkan galian sumur mereka agar resapan air dapat ditemui. Demi setetes air jarak beberapa kilometer bukan halangan, bahkan tak jarang air yang tidak layak pakai pun menjadi alternatif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini sungguh memprihatinkan dan sangat mengiris hati.

kemarau panjang di Indonesia

Bicara masalah kerugian tentu saja tidak sedikit. Hal ini berdampak pada gagalnya panen, meruginya para petani, kesehatan masyarakat terganggu akibat konsumsi terhadap air yang tidak layak serta dampak negatif lain yang menyengsarakan rakyat. Indonesia sebagai negara besar sedang didera cobaan yang sulit. Namun dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Kita semua berharap agar kekeringan ini segera berakhir. Semoga ini merupakan titik balik kebangkitan Indonesia agar lebih kuat dan tangguh serta kemakmuran dan kesejahteraan rakyat tercapai. Amin.

“Semoga dengan tulisan ini pula kekeringan di kantong saya segera berakhir karena masa perkuliahan segera dimulai. Amin ya Allah :)”

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kemarau Panjang di Indonesia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rickysnapshot.blogspot.com/2012/09/kemarau-panjang-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah mengunjungi Ricky Snapshot, silahkan komentar di bawah.